Marhaban Ya Ramdhan

Senin, 16 Juli 20120 komentar


Sebentar lagi seluruh umat Islam di seluruh penjuru dunia akan kehadiran tamu yang sangat mulia yang ditugaskan oleh Allah SWT guna memberikan rahmat, nikmat, karunia, dan barokah yang sangat berlipat ganda bagi umat yang menjalankan Puasa Ramadhan.

Seluruh kaum Musilimin dan Muslimat seluruh dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa yang memiliki hikum Fardhu 'Ain (Wajib untuk setiap orang).


As-Shiyam (puasa) artinya menahan. Menahan yang dimaksut adalah menahan dari segala yang membatalkannya yang dilakukan selamat terbitnya fajar shodiq hingga terbenamnya matahari. Puasa haruslah dilaksanakan dengan rasa ikhlas karena Allah.

ومن صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه
Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari No. 38, 1910, 1802).

Namun perlu kita ketahui bahwa dengan datangnya bulan Ramdahan ini sebenarnya membawa berbagai kebaikan dan kemuliaan, dan apapun yang kita kerjakan akan medapatkan pahala yang berlipat ganda, namun kelipatan ini bukan hanya untuk amal sholih saja, akan tetapi untuk amal-amal bathil juga.

Ketahuilah wahai kaum musilim, bahwa saat Ramdhan datang, Allah SWT telah menyampaikan kabar gembira kepada kita semua bahwa saat bulan Ramadhan tiba, Allah telah  membuka seluruh pintu-pintu surga dan menutup seluruh pintu-pintu neraka dan ketahuilah bahwa syetan seluruhnya telah dibelenggu, sebagaimana hadist riwayat Imam Muslim :

إِذَا جَاءَ رَمَضَان فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتْ الشَّيَاطِين
Jika datang Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan syetan dibelenggu.” (HR. Muslim No. 1079).

Maka dengan datangnya bulan Ramadhan, hendaknya kita berbahagia, karena dengan datangnya bulan Ramadhan adalah keberuntungan yang nyata kepada kita semua, karena di bulan yang penuh hikmah ini Allah akan melipat gandakan amal-amal kita, maka ini adalah kesempatan kita untuk melakukan segala amal-amal yang baik seperti ; Shodaqoh, Khotmil Qor'an, Berbuat baik kepada sesama, dan masih banyak lagi amalan-amalan yang bisa mendatangkan ribuan kebaikan.

Selamat Datang Bulan Ramadhan, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Bagi Yang Manjalankannya. Dan Semoga Kita Dijadikan Golongan Orang-orang Yang Beruntung. Amin.
Share this article :

Posting Komentar

Thanks for you'r comments

 
Support : Creating Website | Mas Template. Design More : Blacknod
Admin : Facebook | Twitter.
Copyright © 2011. Kandang Ilmu - All Rights Reserved
Supported :