Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, akhirnya saya juga menemukan suatu teknis yang digunakan oleh Google untuk melakukan indexing suatu website dan ini membuka wawasan saya dan kita semua terutama para pekerja SEO.
Sistem yang digunakan oleh google dalam melakukan kinerjanya sebagai mesin pencari ada tiga klasifikasi :
- Crawling
Crawling adalah proses dimana sebuah Googlebot menangkap halaman website kita yang telah diperbaharui dan akan dimasukkan ke dalam database Google.
Google memanfaatkan seperangkat komputer besar (Server Host) di mana miliyaran website akan ditampung oleh mereka untuk mempermudah pencarian suatu situs yang telah disimpan di sana.
Program yang menjalankan proses pelacakan ini disebut dengan Googlebot (robot, bot, atau spider). Program ini menggunakan algoritma yang nantinya akan melacak sebuah website di dunia yang paling up todate dan paling sering dikunjungi.
Proses pencarian pertama berdasarkan URL suatu website yang didapatkan dari webmaster dan nantinya akan dideteksi dan akan disimpan dalam daftar Crawling dan kemudian untuk diperbaharui.
- Indexing
Dalam pelacakannya, Googlebot akan memproses dari setiap halaman yang telah dikunjunginya dalam rangka untuk menyusun indeks besar-besaran dari semua kata-kata yang ditemukan dan posisi text tersebut pada setiap halaman. Selain itu, google memproses informasi yang dimasukkan dalam konten primary tag dan atribut, seperti Judul tag dan atribut ALT. Googlebot juga bisa memproses lebih banyak konten yang ia temukan, tapi tidak semua tipe konten. Sebagai contohnya adalah, saya tidak dapat memproses isi dari beberapa file media, animasi flash, atau halaman yang menarik yang menggunkan program javascript atau yang sejenisnya.
- Service
Ketika seorang user memasukkan query (memasukkan data untuk mengambil sebuah data yang dituju), kata, phrase kalimat di Google, percaya bahwa hasil yang ditampilkan adalah yang paling relevan. Relevansi ditentukan oleh lebih dari 200 faktor, salah satunya adalah PageRank untuk halaman yang diberikan.
PageRank adalah ukuran dari pentingnya halaman yang berbasis pada link masuk dari halaman lain. Dalam istilah yang sederhana saja bisa kita ketahui lebih jelasnya adalah, setiap link yang akan ditujukan ke halaman di website kita dari situs lain menambah PageRank situs kita. Tidak semua link yang sama: Google bekerja keras untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan mengidentifikasi spam link dan praktek-praktek lain yang berdampak negatif terhadap hasil pencarian. Yang terbaik adalah jenis link yang diberikan didasarkan pada kualitas konten kita.
Agar situs kita bisa ditampilkan pada peringkat yang paling teratas di halaman hasil pencarian pada mesin pencari seperti halnya Google, penting untuk memastikan jika Google dapat menjeljahi dan mengindeks halaman yang ada di kita dengan benar. Panduan Webmaster google (https://www.google.com/webmasters/tools/) menggariskan beberapa praktek terbaik yang dapat membantu kita menghindari jebakan-jebakan umum dan meningkatkan peringkat situs kita tentunya.
Google Related Searches, Saran Ejaan, dan Google Suggest, fitur tersebut dirancang untuk membantu pengguna menghemat waktu dengan menampilkan istilah-istilah yang terkait, salah eja umum, dan populer queries. Seperti kita hasil pencarian google.com, kata kunci yang digunakan oleh fitur ini secara otomatis dihasilkan oleh sistem crawler dan algoritma pencarian pada google. Jika situs mendapat peringkat baik sesuai kata kunci sebuah web, itu karena google telah memutuskan bahwa algorithmically isinya lebih relevan dengan permintaan pengguna yang telah menentukan keyword yang dicari melalui google.
+ komentar + 2 komentar
waah , info yang menarik
Pembahasannya sangat menarik... terima kasih telah berbagi
Posting Komentar
Thanks for you'r comments